Pemkot Cimahi Lakukan Inovasi Pelayanan Publik
Pembangunan Kota Cimahi selama lima belas tahun ini berpondasi pada Pelayanan Publik. Upaya perbaikan pelayanan kepada masyarakat menjadi tekad setiap aparatur pemerintah dari yang terbawah sampai dengan pucuk pimpinan. Berkarya untuk mewujudkan perbaikan sistem melalui inovasi merupakan hal yang dilakukan baik oleh pribadi maupun pemerintah secara institusi.
Menurut Wali Kota
Cimahi Atty Suharti, Pemerintah Kota Cimahi senantiasa berupaya
mendorong seluruh aparatur untuk selalu melakukan inovasi demi
memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” Masalah-masalah yang
terjadi di Kota Cimahi sangat kompleks sehingga tidak hanya cukup
diselesaikan dengan cara business as usual tetapi harus melalui berbagai
pendekatan yang inovatif.Sehingga semangat berinovasi ini selalu
tertanam dalam setiap langkah pembangunan di Kota Cimahi,” terangnya,
Minggu (1/5) kemarin.
Atty
Menyebutkan, salah satu hasil dari inovasi yang dilakukan Pemerintah
Kota Cimahi yaiyi membuat Aplikasi E-Reporting sebagai penyokong dalam
mengelola perencanaan, realisasi dan pelaporan kegiatan yang berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-reporting ini terintegrasi dengan
SIPKD, Simpeg, LKPP dan terkoneksi dengan Dashboard Executive sehingga
Walikota, Wakil Walikota, Sekda dan Kepala SKPD mendapatkan gambaran
terhadap kondisi kekinian di lingkungan Pemerintah Kota. Selain daripada
itu E-Reporting akan terus dikembangkan supaya dapat sejalan dengan
sistem informasi lain seperti E-LPPD, SIMRENDA dan softaware
perencanaan/pelaporan lainnya. Disamping itu juga fasilitas Geographic
Information System (GIS) yang dimiliki system ini untuk kedepannya
setiap realisasi pekerjaan fisik dapat dipantau melalui fasilitas
notifikasi sms gateway yang terkoneksi dengan kepala SKPD dan Kepala
Bidang lainnya. Tersedia juga data centre dan Network Operating Center
(NOC) seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terhubung
internet berbasis fiber Optic.
sumber
sumber
0 Comments:
Post a Comment
<< Home