Saturday, December 15, 2007

tanya usaha warnet

Helo, teman - teman dan juga asosiasi warnet.
oh iya saya mau minta pendapat teman- teman dan jg asosiasi warnet.
saya punya rencana mendatang untuk memulai usaha warnet, bila modal
saya terkumpul. iya saya mau tanya teman teman yang sudah memulai
usaha ini dan jg pendapat asosiasi warnet. kebutuhan apa aja yang
harus saya sediakan selain komputer, meja dan kursi, pada bisnis
warnet ini.

Dan saya jg sangat berharap teman - teman menceritakan pengalaman
pertama kali memulai bisnis warnet, agar saya bisa mempersiapkan diri
sebelum terjun ke bisnis ini.

saya jg berencana di samping buka warnet juga memulai bisnis jualan
pulsa ato accesories hp serta menawarkan ringtone atau mp3?
sebelum teman -teman dan jg asosiasi warnet memberikan pendapat. saya
mau mengucapkan terima kasih.

JAWAB:
Seperti halnya bisnis lain, semua kembali pada analisa pasar. Secara
umum, mungkin bisa dikategorikan segmen menengah kebawah dan segmen
menengah keatas. Setiap segmen punya konsekuensi tersendiri. Kalau
radius 5 km (ini tolok ukur umum yang biasa digunakan untuk
mengambarkan radius toleransi mobilitas orang dalam satu wilayah), 70-80% mahasiswa,
jarang ada perumahan, ada kemungkinan segmenya menengah ke bawah,
konsekuensinya, adalah harga sewa yang murah. Tapi jangan salah,
pesaing anda pun juga menerapkan harga yang murah, jadi, warnet anda harus
punya keunggulan tersendiri. Begitu pun dengan segmen menengah keatas,
konsekuensi nya pada pelayanan yang prima. Salah satunya kenyamanan
ruangan, akses yang cepat, komputer yang nyaman (LCD, keyboard enak),
dll. Dengan asumsi, di daerah tersebut sudah banyak atau hanya anda
warnet di wilayah itu. Jangan berharap warnet bisa hidup di daerah
super high class, dan wilayah segmen bawah, apalagi tidak ada universitas .

Faktor lokasi sangat mempengaruhi, jika faktor lokasi adalah "given",
artinya mungkin sudah dipatok, tempat adalah rumah sendiri, sedangkan
lokasi pada kurang menguntungkan, maka warnet anda harus punya kelebihan
yang unik. Namun jika lokasi anda berada di lokasi eksterm, lokais
super high class atau lokasi segmen kelas bawah, sebaiknya anda memikirkan
ulang untuk membuka warnet. Kecuali anda mengalokasikan dana untuk
menyewa ruko di tempat yang strategis. Anda bisa mengukur apakah lokasi
anda berada di lokasi yang masih ada peluang untuk warnet, dengan cara
survei. Coba ambil sample beberapa warnet besar (kalo bisa minim 20 PC
dan warnetnya telah berjalan lebih dari 1 tahun), amati (sebaiknya
nyamar sebagai customer sih) saat pagi selama jam 10-12, jam 15-17, dan
jam 19-22. Kemudian datang lagi 00-03. Coba rekap data warnet2 tsb.

Jika estimasi pendapatan diatas 900rb, boleh lah. Tapi jika kurang, sebainya
anda mikir2 dulu.

Alokasikan dana 6 x biaya operasional, yang tidak boleh digunakan untuk
investasi. Depositokan dalam 6 sertifikat, dengan jangka tempo yang
berbeda, 1 bulan, 2 bulan hingga 6 bulan. Ini sebagai kontrol saja,
karena biasanya orang kalo liat duit banyak, tidak tertib menggunakan
uang secara bijak. Namun jika anda yakin termasuk orang yang bijak
dalam menggunakan uang, bisa ditaruh pada rekening tabungan. itu saran saya.
Jangan mikirkan bisnis yang lain dulu, fokus... fokus... bisnis yang
anda sebutkan itu, akan ngikut kok. Karena jika anda memikirkan
sekarang, berarti anda mulai terpancing untuk mengambil dana investasi
dan dana operasional. Hal itu akan mengganggu bisnis utama anda.

Kecuali kalau uang anda unlimited.

Pengetahuan teknis adalah penting, tapi bukan yang terpenting.
Pengetahuan mengelolah keuangan, membuat laporan-laporan progress itu
jauh lebih bermanfaat. Jika anda terbatas masalah teknis, bayar orang
untuk itu, sambil anda belajar pelan-pelan. Jika anda ingin mengetahui
semua masalah teknis secara detail, bisa saja, tapi waktu anda akan
terbuang, padahal ada hal yang membutuhkan anda daripada masalah teknis
yang detil, misalnya masalah manajerial. Kecuali sebelumnya anda sudah
punya pengetahuan teknis yang cukup untuk kebutuhan teknis warnet.

Ingat, job desc utama anda adalah pimpinan, yang mengelolah aspek
marketing, aspek aspek teknis, aspek umum dan operasional dan aspek
keuangan. Semua aspek meminta perhatian anda secara proporsional. Namun
tidak bisa dipungkiri, aspek teknis adalah aspek kunci dari semua
aspek,sehingga mungkin proporsinya lebih besar, tapi bukan 100% lho yah.

Kalau boleh saya simpulkan, Key Succcess Factors (KSF) bisnis warnet
yang diurutkan berdasarkan skala prioritas, adalah:

1. Demand pasar yang memungkinkan
2. Lokasi yang strategis
3. Kemampuan atau wawasan teknikal
4. Kemampuan manajerial

Ada rekan-rekan yang ingin menambahkan atau mengkritisi?


di petik dari mailing list awari-